Objek-Objek Wisata dan Budaya "Misterius" di Banjarnegara

Dari sekian banyak objek wisata di Banjarnegara, ada beberapa objek wisata dan budaya yang "misterius" di kabupaten ini. Mengapa dikatakan misterius? Karena kejadian dan "sesuatu" yang ada sangat tidak masuk akal. Berikut adalah 4 objek wisata dan budaya yang misterius yang ada di Banjarnegara yang wajib anda kunjungi. Objek-objek berikut juga termasuk dalam kunjungan dalam rangka Visit Jawa Tengah Year 2013.

  1. Anak Berrambut Gimbal

    Anak gimbal terlahir di daerah wisata dataran tinggi dieng . Warga Dieng percaya bahwa mereka ini adalah keturunan dari pepunden atau leluhur pendiri Dieng dan ada makhluk gaib yang "menghuni" dan "menjaga" rambut gimbal ini. Gimbal bukanlah genetik yang bisa diwariskan secara turun temurun. Dengan kata lain, tidak ada seorangpun yang tahu kapan dan siapa anak yang akan menerima anugerah ini. Konon leluhur pendiri Dieng, Ki Ageng Kaladite pernah berpesan agar masyarakat benar-benar menjaga dan merawat anak yang memiliki rambut gimbal. Konon katanya keinginan dari sianak harus dituruti. Kalau tidak, akan terjadi marabahaya. 
    the pikas, visit jawa tengah year 2013, festival pinggri kali serayu, banjarnegara, festival serayu banjarnegara 2013,
    Pemotongan Rambut Gimbal
    Anak yang memiliki rambut gimbal akan melakukan prosesi ruwatan massal di kompleks Candi Arjuna. Mereka dimandikan dengan air dari 7 mata air, diarak dan dilempari beras kuning dan uang koin, kemudian dipotong rambutnya oleh pemuka adat yang kemudian melarungnya di Telaga Warna.

    Bagi yang ingin melihat upacara adat tersebut, datanglah ke Dieng pada bulan Sura dalam tahun Jawa atau Muharram pada tahun Hijriah
  2. Sumur Jalatunda
    Berdasar dugaan ilmiah, sumur berwarna hijau pekat berdiameter sekira 90 meter ini adalah sebuah kepundan yang terbentuk akibat letusan gunung api jutaan tahun lalu. Kawah atau kepundan tersebut kemudian terisi air dan terbentuklah menyerupai sebuah sumur—sumur raksasa berkedalaman ratusan meter. Nama Jalatunda sendiri adalah berarti sumur yang besar atau luas dalam bahasa Jawa.
    the pikas, visit jawa tengah year 2013, festival pinggri kali serayu, banjarnegara, festival serayu banjarnegara 2013,
    Sumur Jalatunda
    Konon dahulu kala ada seorang putri cantik jelita yang gemar mengenakan pakaian serba putih, namun berperangai jahat. Putri cantik ini sering meminta tumbal kepada masyarakat sekitar untuk dikorbankan dan ditenggelamkan di sumur ini. Kisah lain yang juga mewarnai misteri sumur raksasa ini adalah bahwa konon di dalam sumur ini, terdapat sebuah pintu gerbang atau jalur penghubung ke kediaman ular setengah dewa.

    Menurut kepercayaan, jika ada yang mampu melempar batu dari pucuk diameter satu kediameter yang lain, permintaannya akan terkabulkan. Namun, saat ini belum ada yang bisa.
    Tertarik untuk ikut melempar batu disini? Mungkin anda bisa?

     
  3. Telaga Warna
    Telaga ini berada di Kawasan Dataran Tinggi Dieng Banjarnegara. Kemisteriusan yang dimiliki oleh Telaga Warna yaitu, telaga ini terkadang berwarna hijau dan kuning atau berwarna warni mirip pelangi karena Telaga Warna memiliki kandungan sulfur yang cukup tinggi.
    the pikas, visit jawa tengah year 2013, festival pinggri kali serayu, banjarnegara, festival serayu banjarnegara 2013,
    Telaga Warna
  4. Golden Sunrise

    Hal Misterius terakhir yang ada di Banjarnegara adalah Matahari terbitnya 2 kali dalam sehari di Dataran Tinggi Dieng. Matahari terbit yang pertama dapat di saksikan dari Gunung Sikunir atau gardu pandang Tieng, dengan warna merah kekuning-kuningan (Golden Sunrise). Sedangkan matahari terbit yang kedua, kurang lebih selang 25 menit dari terbit yang pertama, dapat di lihat dari komplek candi Arjuna, dengan warna perak keputih-putihan (Silver Sunrise).
    the pikas, visit jawa tengah year 2013, festival pinggri kali serayu, banjarnegara, festival serayu banjarnegara 2013,
    Golden Sunrise
    Fenomena alam yang sangat langaka ini hanya bisa di saksikan di Dataran Tinggi Dieng. Anda harus pagi-pagi seklai untuk melihat matahari yang mempesona ini. Bahkan ada yang sampai bermalam di gunung sikunir untuk menyaksikan dan mengambil momen indah saat matahari terbit.  
Selain keempat objek wisata diatas. Pemda Banjarnegara juga akan mengadakan Festival Pinggir kali Serayu dan festival serayu banjarnegara 2013 yang di dukung oleh Pemerintah Daerah, The Pikas (jasa rafting) dan berbagai komunitas lainnya di Banjarnegara.

Nah, bagi anda yang ingin merasakan misteriusnya objek wisata di Banjarnegara, silakan saja liburan ke Banjarnegara.  Di jamin memuaskan.