Asyik... Berwisata ke Dataran Tinggi Dieng dengan Mudah dan Nyaman

Banjarnegara merupakan salah satu daerah tujuan wisata di provinsi Jawa Tengah dengan jarak tempuh 150 km dari ibu kota provinsi Jawa Tengah (Semarang). Daerah yang khas dengan minuman es dawet ayunya ini, memiliki potensi buadaya dan pariwisata yang sangat menarik dan unik untuk kita nikmati. Dari berbagai macam objek wisata yang ada, seperti Taman Rekreasi Dan Marga Satwa (TRMS) Serulingmas, Serayu Park, Surya Yudha Park & Waterboom dan Desa Wisata,  terdapat salah satu objek wisata di kabupaten Banjarnegara yang tak kalah luar biasanya, yaitu kawasan wisata Dataran Tinggi Dieng. Kawasan ini juga termasuk daerah wisata tujuan dalam program Visit Jawa Tengah Year 2013. Keindahan panorama dan alam serta berbagai keajaiban alam berupa kawah-kawah yang menakjubkan dan pemandangan yang terhampar begitu indah, merupakan kenangan yang sulit untuk dilupakan.
candi dieng, the pikas, visit jawa tengah year 2013, festival pinggri kali serayu, banjarnegara, festival serayu banjarnegara 2013,
sumber: google.com

Kawasan dataran tinggi dieng terletak 54 km sebelah timur laut kota Banjarnegara. Kawasan ini memiliki ketinggian 2090 m dari permukaan laut, sehingga udaranya segar dan sejuk ditambah pemandangan yang luarbiasa menawan. Cocok bagi anda untuk meregangkan otot-otot tubuh dan memanjakan mata anda. 

Dieng juga menjadi hulu sungai dari sungai yang memiliki tingkat jeram yang lumayan menantang, yaitu sungai serayu. Bagi anda yang ingin merasakan menantangnya jeram-jeram sungai serayu ini, anda dapat datang ke salah satu penyedian layanan arung jeram yaitu The Pikas, yang berada di Desa Kutayasa, Kecamatan Madukara atau 15 km dari Kota Banjarnegara. Untuk lebih jelas bisa kujungi websitenya di www.bannyuwoong.com Dalam waktu dekat juga, tempat ini juga sebagai tempat diadakannya Festival Pinggir Serayu dan Festival Serayu Banjarnegara 2013.

Sebelum beranjak lebih lanjut, mari kita tengok sejarah mengenai dataran tinggi diyeng ini.

Nama Dieng berasal dari gabungan dua kata bahasa kawi, yaitu "di" yang berarti "gunung" dan "hyang" yang berarti dewa. Dengan demikian, Dieng berarti daerah pegunungan tempat para dewa dan dewi bersemayam. Para dewa diperkirakan bermeditasi di kawasan tersebut sekitar tahun 809 Masehi atau pada jaman raja Rake Warak Dyah Wanara.

Pada kawasan ini, terdapat macam-macam tempat wisata diantaranya:
candi dieng, the pikas, visit jawa tengah year 2013, festival pinggri kali serayu, banjarnegara, festival serayu banjarnegara 2013,
sumber: wedung.com
  1. Komplek Candi Arjuna
  2. Candi Gatotkaca
  3. Candi Bima
  4. Candi Dwarawati
  5. Kawah Sikidang
  6. Sumur Jalatunda
  7. Kawah Candradimuka
  8. Kawah Sileri
  9. Kawah Sinila
  10. Kawah Timbang
  11. Kawah Sibanteng
  12. Curug Sirawe
Juga terdapat tiga puncak gunung yang menawan seperti Gunung Prahu, Gunung Pakuwaja dan Gunung Sikunir. Tidak hanya itu kawasan ini juga memiliki berbagai macam telaga, seperti  Telaga Warna, Telaga Cebong,Telaga Merdada, Telaga Pengilon, Telaga Dringo, dan Telaga Nila yang bagus sebagai objek fotografi. 
candi dieng, the pikas, visit jawa tengah year 2013, festival pinggri kali serayu, banjarnegara, festival serayu banjarnegara 2013,
sumber: google.com
Anda tidak perlu khawatir kebingungan untuk datang ke kawasan Dataran Tinggi Dieng. Karena Tersedia macam-macam travel untuk ke daerah tersebut yang salah satunya yaitu Travel Permata Wisata dengan alamat Jl. Raya Pucang Banjarnegara atau hubungi (0286) 591921. Dan jika anda ingin beristirahat dapat menggunakan fasilitas perhotelan yang tersedia seperti Hotel Central di alamat Jl. Pandjaitan Banjarnegara, atau hubungi (0286) 591113.
Jadi, rencanakan perjalanan wisata anda ke Dataran Tingggi Dieng sedini mungkin, apalagi bagi anda yang baru pertama kali mau berkunjung ke sana. Jika tidak mau repot, anda bisa mengikuti paket wisata yang telah tersedia, selain harganya yang terjangkau, berbagai fasilitas kemudahanpun akan bisa anda dapatkan.