Jembatan Sigaluh- Banjarnegara Ambruk Sebelum Jadi

Hi KNIDy :)
BANJARNEGARA, Peristiwa ambruknya jembatan Sigaluh-Sempol di atas Sungai Serayu pada Senin (10/12) malam, akan diteliti dan diselidiki.
Jembatan Sigaluh- Banjarnegara Ambruk Sebelum Jadi
"Melalui dinas terkait, yakni Dinas Pekerjaan Umum (DPU), kami akan meneliti sebab kejadian tersebut. Meski beberapa saat setelah kejadian saya langsung mendapat laporan dari Kepala DPU, namun belum tahu penyebab ambruknya rangka jembatan itu," kata Bupati Sutedjo Slamet Utomo, menanggapi ambruknya rangka baja jembatan Sigaluh-Sempol, Selasa (11/12) siang.
Dari pengecekan dan penelitian tersebut, lanjut dia, diharapkan bisa diketahui sebab ambruknya rangka jembatan itu. Apakah ada kesalahan teknis dalam pengerjaan jembatan atau karena sebab lain.
Akibat kejadian tersebut, menurutnya, pekerjaan pembangunan jelas sulit untuk bisa selesai tepat waktu pada 23 Desember mendatang.
"Yang jelas kejadian ini menjadi pengalaman sangat berharga sekali. Pada pekerjaan jembatan lainnya harus bisa diperhitungkan faktor cuaca hujan dan debit air Sungai Serayu. Sebab masih ada pekerjaan pembangunan jembatan di sungai itu, yakni dari Parakancanggah menuju Kenteng," katanya.
Sebab, karakter Serayu itu bermacam-macam. Bisa saja di Banjarnegara tidak hujan namun di arah Dieng atau Wonosobo hujan, sehingga bisa saja debit air naik dan banjir.
Badan jembatan Sigaluh - Sempol dengan konstruksi baja, dibangun dengan anggaran sekitar Rp 5 miliar dari APBD Provinsi Jateng. Pelaksana pembangunannya yakni PT Reka Esti dari Semarang.

suaramerdeka.com