Facebook Uji Coba Tombol 'Wants'

Hi KNIDy :)
INILAH.COM, San Francisco - Kita semua tahu dan sering menggunakan tombol 'Like' saat berselancar di Facebook. Dalam waktu dekat ini bakal ada tombol baru yang bisa pengguna pakai, terutama untuk berbisnis. Apakah itu?
Headline
Jejaring sosial raksasa Facebook dikabarkan tengah melakukan uji coba fitur baru bernama tombol 'Wants'. Tombol ini bertujuan agar pengguna situs jejaring sosial tersebut dapat menciptakan daftar permintaan untuk sejumlah produk yang dipublikasikan di Facebook.
"Orang-orang akan dapat memesan koleksi tersebut dan membagi hal yang mereka sukai dengan teman-teman mereka. Klik dan beli barang itu dari Facebook," kata juru bicara Facebook dalam pernyataannya seperti dikutip oleh Reuters.
Fitur yang disebut 'Collections' itu membuat Facebook memainkan peran besar dalam perdagangan online dengan mendorong satu miliar penggunanya untuk membeli produk untuk teman mereka dan membuat pembeli terhubung langsung dengan toko online.
Dalam uji cobanya ini, Facebook menjalin kerja sama dengan tujuh retailer, yakni Pottery Barn, Victoria's Secret, Neiman Marcus, Michael Kors, Smith Optics, Wayfair dan Fab.com.
Melalui juru bicaranya, Facebook mengatakan bahwa pihaknya juga ingin turut andil dalam pasar onlinecommerce. Jejaring sosial besutan Mark Zuckerberg ini juga tidak akan menarik biaya apapun terkait pembelian produk yang telah ditandai dengan menggunakan tombol 'Want'.
Namun, Colin Sebastian, seorang analis dari firma Robert W. Baird mengatakan bahwa E-commerce merupakan salah satu cara mendatangkan uang atau keuntungan di internet.
Sebastian memperkirakan, meskipun Facebook mengatakan tidak akan menarik biaya apapun untuk transaksi, namun kemungkinan situs jejaring sosial raksasa tersebut akan menarik royalti seperti halnya proses yang berlaku di Facebook Ads.
"Bila dilihat betapa besar Facebook sebagai platform menghubungkan orang, ada banyak hal yang belum mereka kembangkan dalam rangka menghasilkan uang," tambahnya.
Hingga kini, masih belum ada kabar lanjutan dari Facebook mengenai kapan tombil 'Wants' ini dirilis secara resmi. [mor]