Audisi JKT48 Generasi Kedua

Copy From :http://hardysyahidin.blogspot.com/2012/08/audisi-jkt48-generasi-kedua.html

Bertepatan dengan performing JKT48 di Dahsyat hari Senin, 13 Agustus 2012, Manajemen JKT48 (JKT48 Operation Team) mengumumkan secara mendadak bahwa ada audisi untuk menjadi member JKT48 Generasi Kedua (2nd generation) !!! Pengumumannya langsung dibacakan oleh Melody di acara Dahsyat tersebut tertera di surat  dari JKT48 Operation Team. Kayaknya kejutan banget, gue bertanya-tanya apakah member JKT48 tau apa gak bakal ada audisi member baru tersebut? Kayaknya member juga gak tau. Pengumuman dan persyaratannya langsung ada di facebook, twitter dan website official JKT48 selesainya acara tersebut.

Credit to Arief Pratama on Youtube for this video

Ini adalah kesempatan langka bagi cewek usia 13 - 18 tahun yang pengen jadi Idola. Pengen ngetop, banyak fans dan gak perlu berjuang dari awal karir. Begitu anda masuk JKT48 (sekarang) dijamin anda ngetop. Informasi lebih lanjut mengenai audisi generasi kedua lihat di:
Kayaknya RCTI aktor di belakang layar adanya Audisi JKT48 generasi kedua ini. Karena pengumumannya pas saat perform di RCTI. Mungkin RCTI ingin menyiarkan secara langsung audisi ini seperti audisi Indonesian Idol dan event-event live show lainnya. Selain itu, bukti lain bahwa ada RCTI di belakang audisi ini adalah sekarang semakin banyak berita tentang JKT48 di infotaiment-infotainment yang ditayangkan di RCTI, seperti Intens, Kabar-Kabari, Insert, dan Cek & Ricek. JKT48 juga sekarang jarang tampil di stasiun TV lain selain RCTI.
Sebenarnya sih gue kurang setuju dengan audisi generasi kedua. Karena generasi pertama yang jumlahnya 24 orang saja menurut saya sudah terlalu banyak. Setiap perform paling banyak yang tampil cuma 16 dikarenakan stage di Indonesia rata-rata kecil. (Kecuali tuk panggung konser Rhoma Irama dan Orkes Soneta..hahaha). Lain halnya dengan theater JKT48, tetapi ingat! fans datang ke theater karena mereka punya idola dan gak semuanya!. Selain itu terlalu banyaknya personil nanti akan membuat JKT48 menjadi seperti produk instan.. Gak ada sisi seni dan kreativitas. Fans dibuat bingung terlalu banyak pilihan idola. Ujung-ujungnya mereka tetap mengidolakan member generasi pertama. Member datang dan pergi dan fans kehilangan arah.

JKT48 Generasi Pertama (28 orang), 4 orang sudah graduated.

Selain itu, kasihan juga liat member kalo sudah terlalu banyak takutnya nanti gak keurus oleh Manajemen. Mengurus banyak orang itu susah, member itu perlu akomodasi, logistik, honor, transport, make up, costume, semua perhatian yang layak seperti seorang artis, bukan seperti orang biasa! Emang sih member gak ada yang ngeluh, coba kalo artis papan atas Indonesia yang laen, pasti banyak permintaan khusus, ini itu, belum minta honornya juga gede. Artis bencong presenter TV, aja satu episode TV show, honornya puluhan juta (satu orang! JKT kan puluhan orang?)
Gue suka lagu JKT48 tetapi kalau disuruh milih lebih suka lagu aslinya atau lagu yang telah diterjemahkan dan dibawain oleh JKT48, gue lebih suka lagu aslinya! Kedua; gue suka JKT48 karena ada member yang gue suka, tapi tidak semuanya! ada beberapa member yang biasa aja menurut gue dan ada beberapa member yang gue gak suka. Ketiga: gue suka beberapa member memang karena mereka cantik, tapi ada yang lain selain cantik, mereka lucu, aktif di jejaring sosial, lugu, keren, sifatnya baik, dan banyak lagi kelebihannya. Apa intinya? Intinya saya suka membernya (orangnya) bukan grupnya (JKT48 keseluruhan). Member bisa datang dan pergi tetapi Oshiku cuma satu.
"Walaupun nanti ada JKT48 Generasi Ketujuh (turunan) --> "Oshi gue tetep Nabilah"
Gak usah kita bayangkan bakal gimana setelah ada generasi kedua nanti, lihat saja generasi pertama. Ada beberapa member yang sangat ngetop di kalangan fans mengalahkan member-member lainnya. Walaupun mereka jarang tampil juga mereka tetap lebih banyak fans nya dari yang lain. Mau buktinya? Lihat saja di daftar twitter follower terbanyak dari waktu ke waktu yang saya post. Saya yakin urutan follower terbanyak gak akan berubah banyak dari waktu ke waktu. Posisi top eight akan terus dipegang oleh orang-orang yang sama. Yang gak ngetop jadi kayak backdancer atau penari latar saja. Penari latar bisa berganti-ganti tetapi artisnya nggak. Orang gak bakal inget penari latar, yang orang inget cuma artisnya. Itu prinsipnya. 
Kayaknya Yasushi Akimoto gak belajar dari AKB48. Kita bisa lihat pada saat pemilihan (election) AKB48. Dari pertama kali election tersebut diadakan, ada beberapa member yang tidak tergoyahkan posisinya di puncak election. Member-member top tersebut gak bakal tergeser jauh dari papan atas, kadang naik kadang turun, tapi papan atas tetap diisi oleh orang-orang yang sama.
Selain itu, ini Indonesia bukan Jepang. Orang Indonesia gak mau pusing, Begitu mereka bingung dan ribet tentang idolanya? fans hilang satu persatu. Saat ini kayaknya belum ribet dech....

Apa kesimpulannya? Fans tidak mudah untuk mengidolakan seseorang, tetapi begitu mereka mempunyai idola, mereka akan setia dengan idolanya tersebut gak perduli dia udah gak lagi bergabung disitu. Apakah begitu yang terjadi dengan ex member generasi pertama? Untuk ex member generasi pertama, mereka belum lama bergabung dengan JKT48 dan fans nya belum sebanyak sekarang. Kita buktikan dengan generasi kedua ini apakah generasi pertama akan kalah popularitasnya? Menurut saya tidak. Member papan atas akan tetap ngetop, mungkin cuma satu dua member generasi kedua yang ikut ngetop di papan atas. 
Kita lihat saja nanti di RCTI bakal ada live show Audisi JKT48 Generasi Kedua!!!

(lanjutan cerita di atas)
Sesuai dengan dugaan saya di atas, ternyata benar RCTI ada di belakang audisi member JKT48. Tapi sekarang belum ada konfirmasi kapan ditayangin. Udah ada bukti nih fotonya:
Wenda Tan
Gue jadi bingung nih audisi JKT48 atau bukan? koq pake Host/MC? Ini fotonya Wenda Tan sebagai host bersama dengan Ajun Perwira gitaris The Junas Monkey.. Koq audisi ada hostnyaa???
Wenda Tan adalah mantan personil Cherrybelle dan juga tunangan Ruben Onsu. Kalo The Junas Monkey dinaungi label Nagaswara yang juga mensponsori Mega Konser JKT48 kemaren di RCTI.

Wenda Tan & Ajun Perwira
Yang penting Idol Grup gue jangan dibayang-bayangi artis laen deh... apalagi yang gue gak suka... Kalo pengen ngorbitin JKT48 sih yaa cukup JKT48 aja yang ditampilin, jangan ditempel-tempelin artis laen yang numpang ngetop.. Kalo emang artis tersebut sudah ngetop duluan yaa berarti JKT48 cuma ngeramein aja. Jangan sampe deh, karena jelas sebagian besar fans JKT48 sangat fanatik dengan idolanya. Jadi kata kuncinya = FANATIC. 

Sekarang udah jelas satu lagi alasan kenapa member JKT48 mau ditambah. Setelah saya melihat jadwal Theater JKT48 yang dikeluarkan official, itulah alasan mengapa member mau ditambah. Jadwal tersebut sangat padat, dalam satu minggu ada empat hari performing dan ada di akhir pekan ada dua kali show. Empat hari tersebut adalah Senin, Jumat, Sabtu dan Minggu, dan untuk hari Sabtu atau Minggu ada dua kali show. Berarti ada 5 kali show dalam setiap minggunya. 

 Shania waktu dirawat di RS (Jum'at, 14 September 2012)
Cleo dirawat di RS (Kamis, 20 September 2012)

Anda dapat membayangkan apabila JKT48 punya event di stasiun TV baik yang live ataupun tapping, mau dikemanain Theaternya? Apalagi jika punya acara sendiri di stasiun TV! bayangkan gimana membagi waktunya. Apalagi kesulitannya? Member rata-rata masih sekolah dan kuliah! Itu kesulitannya, mereka bukan artis profesional yang full time untuk mencari penghasilan & popularitas. Mereka juga masih anak-anak. Liat aja jadwal latihan yang setiap hari!! emang dilakukan malam hari, tidak mengganggu aktivitas sekolah, tapi jelas sangat menguras tenaga.

JKT48 2nd Generation Audition
Hari Kamis, 13 September 2012, dari 4.500-an pelamar generasi kedua JKT48 telah lolos sebanyak 200 orang. Sampe hari ini saya belum dapet kabar kelanjutannya tinggal berapa orang lagi yang tersisa. Gak tau yaa.. berapa jumlah yang akan lulus 2nd generation ini...tergantung dewan jurinya. Karena mereka tentunya hanya memilih personil yang benar-benar berkualitas bukan sekedar menambah jumlah member agar cukup. Kita tunggu saja beritanya.
Credit to JKT48info on Youtube for this video
Breaking News
AUDISI GENERASI KEDUA JKT48 EPISODE I DI RCTI
Audisi generasi kedua JKT48 Episode I akan disiarkan di RCTI hari Sabtu, 22 September 2012, jam 15.30. Don't miss it guys....
mau tau yang peserta yang lolos Final Audition di Jepang? klik disini ---> http://kodokngorekid.blogspot.com/2012/10/final-audition-jkt48-2nd-generation.html