YouTube Buat Program Khusus Ramadan

Ada sekitar 50 program Ramadan yang disiapkan layanan milik Google.

Tampilan YouTube untuk program Ramadan
Tampilan YouTube untuk program Ramadan (YouTube)
Ramadan merupakan bulan penuh berkah, tak hanya untuk Muslim yang menjalankan ibadah Ramadan, tapi juga untuk stasiun televisi di Timur Tengah. Sebab, televisi menjadi sarana hiburan bagi keluarga di Arab Saudi saat berkumpul di bulan Ramadan. 

Potensi ini ternyata juga disadari oleh YouTube. Layanan video sharing milik raksasa teknologi asal Amerika Serikat Google ini mengatakan akan meluncurkan saluran khusus yang akan menyiarkan siaran Ramadan.

Mengutip laman Al-Arabiya, untuk pertama kalinya penonton dari seluruh dunia bisa menyaksikan lebih dari 50 program Ramadan tiap hari. Youtube pun membuat kanal khusus di situsnya, yang beralamat di youtube.com/ramadan.

Saat VIVAnews mencoba akses, maka muncul situs YouTube dengan sebagian besar konten dalam bahasa Arab.

"Proyek inovatif ini merupakan pertama kalinya dan menjadi momentum bagi Youtube untuk konten premium bagi penggunanya," kata Ari Kesisoglu, Direktur Pelaksana Google untuk kawasan Timur Tengah dan Afrika Utara, seperti dikutip dari AMEinfo.com.

Secara umum, pengguna internet di Timur Tengah dan Afrika UTara menonton 167 juta video YouTube per hari. Ini menjadi kawasan tertinggi kedua di dunia yang mengakses YouTube.

Sedangkan koran berbasis di Abu Dhabi, The National, menyebut sejumlah eksekutif bidang periklanan di kawasan ini juga memprediksi akan menambah pengeluaran untuk iklan TV tahun ini. "Ini terlihat cukup sehat dan kuat," kata Elie Khouri, Kepala Eksekutif Omnicom Media Group di Timur Tengah dan Afrika Utara.

Khouri juga mengatakan bahwa iklan TV di kawasan Teluk dan Mesir naik sekitar 15 persen pada paruh pertama tahun ini.

© VIVA.co.id