Hati-hati Saksikan Transit Venus

Pemandangan langka transit Venus bisa diamati besok pagi.

Venus akan berjalan pada jalur diagonal melintasi bintang terdekat kita. (Space.com)
Para astronom memperingatkan untuk sangat berhati-hati dan melindungi mata selama mengamati transit Venus. Pasalnya,  sangat berbahaya untuk menatap langsung ke matahari. Diperlukan kacamata gerhana khusus atau filter surya di teleskop untuk menghindari kerusakan permanen di mata Anda.

Agar aman melihat transit Venus, filter solar khusus harus melengkapi teropong atau teleskop. Menurut Space.com, kacamata gerhana bisa digunakan lagi. Kacamata tukang las nomor 14 bisa dimanfaatkan sebagai pelindung mata.
Teknik yang paling aman dan paling sederhana yakni melihat transit
tidak langsung dengan memanfaatkan proyeksi matahari. Penikmat angkasa dapat menggunakan teleskop atau satu sisi dari sepasang teropong untuk memproyeksikan sebuah gambar piringan matahari yang diperbesar ke bagian yang diarsir putih dari karton.
Gambar yang  diproyeksikan aman untuk dilihat maupun dipotret. Tetapi, penting untuk diingat agar Anda menutupi lingkup teleskop dan bagian lain dari teropong untuk menghindari melihat transit secara langsung.

Perjalanan Venus akan memakan waktu sekitar 18 menit untuk berjalan
penuh ke wajah matahari. Venus akan berjalan pada jalur diagonal melintasi bintang terdekat kita.

Para astronom mengacu pada fase yang berbeda dari transit Venus
sebagai perjalanan kontak.

Ketika planet pertama menyentuh tepi luar matahari, ini dikenal
sebagai kontak pertama. Kontak kedua terjadi saat Venus menampakkan sepenuhnya pada matahari. Kontak Ketiga mengacu saat Venus menyentuh tepi dalam matahari, dan kontak keempat yakni saat venus benar-benar terpisah dari matahari.

Untuk penikmat angkasa di Indonesia, Anda bisa menyaksikan proses transit ini. Menurut Kominfo, inilah proses Venus transit:

Kontak pertama: pukul 05.09 WIB
Kontak kedua: pukul 05.27 WIB
Gerhana Greatest: pukul 08.29 WIB
Kontak ketiga: pukul 11.31 WIB
Kontak keempat: pukul 11.49 WIB