FB Bureau: Kartu Identitas Facebook (KTP)






KTP atau Kartu Tanda Penduduk identik dengan sebuah kartu yang menampilkan segala sesuatu tentang diri Anda berdasarkan data dan fakta terkait dengan informasi kelahiran dan tempat tinggal. Bilamana data diri tersebut berdasarkan informasi jejaring sosialFacebook?
Seorang seniman Jerman, Tobias Leingruber, mencipiptakan sebuah ID Card atau KTP dan mendistribusikanya berdasarkan data dan informasi dari jejaring sosial Facebook. Ia menyebut proyeknya dengan nama FB Bureau atau Biro Facebook.Dan bahkan Tobias Leingruber dengan FB Bureau-nya akan membagi-bagikan kartu identitas tersebut pada konferensi internasional di Berlin dan Amsterdam pada bulan depan.
Menurut Tobias Leingruber, pemerintah Jerman teah merilis sebuah paspor yang menawarkan pemeriksaan identitas secara online. Namun, mungkin saja pemeriksaan tersebut tak dapat sukses mengingat data online mereka akan berbenturan dengan data pengguna di Facebook.

Lantas data apa saja yang akan ditampilkan dalam ‘KTP Facebook’ tersebut? Tobias Leingruber mengatakan kartu identitas ini tidak akan menampilkan nama asli Anda. Hanya nama pengguna, gender, lokasi dan tanggal Anda bergabung bersama Facebook.
Plus, ‘KTP’ tersebut akan dilengkapi dengan QR code yang tertuju ke alamat pemilik kartu identitas Facebook. Apakah Tobias Leingruber ingin menegaskan jika ‘KTP Facebook’ ini laiknya tombol Facebook Connect versi offline? Bisa saja demikian.
Tobias Leingruber memiliki segudang mimpi dengan ‘KTP Facebook-nya’. Suatu saat nanti ia yakin, apabila kita berpergian ke suatu tempat, petugas tak hanya meminta kartu identitas diri atau KTP, namun mereka juga ingin melihat ‘KTP Facebook’ Anda pula.
Sidomi.com