Archipelago Cinema : Bioskop Eksotis yang Terapung Di Laut Thailand

Arsitek berkebangsaan Jerman Ole Scheeren merancang dan membangun bioskop yang benar-benar menakjubkan, dengan posisi mengambang untuk edisi perdana dari sebuah festival film baru, "Film on the Rocks Yao Noi" di Nai Pi Lae laguna di pulau Kudu . Dijuluki Bioskop KEpulauan, terdiri dari layar mengambang, dibentangkan antara dua batu yang menjulang tinggi dan permadani hutan yang rimbun. Perahu diantar peserta acara di aula yang mengambang terpisah menawarkan pengalaman sinematik menyentuh dan unik.
Desain Scheeren Yang berbasis di Beijingmembentuk desain dari rakit yang biasanya digunakan mencari lobster milik nelayan lokal. Frame kayu diikat dengan tali karet untuk blok busa dan mengapung di laguna "hampir seperti kayu apung." Dia ingin menciptakan "sensasi random temporer" ketika potongan -potongan kegembiraan itu digabung. Rakit modular, diikat longgar, dimaksudkan untuk meniru sebuah kepulauan mengambang pulau di laguna. Sayangnya, pada akhir festival tersebut, rakit dibongkar, ulang, dan digunakan kembali oleh nelayan setempat.


" Sebuah layar, terletak di antara bebatuan. Dan penonton ... mengambang. Melayang di atas laut, suatu tempat di tengah ruang yang luar biasa dari laguna, difokuskan pada gambar bergerak melintasi air. Sebuah lanskap potongan papan bergabung. Rasa temporalitas, keacakan. Hampir seperti kayu drift. Atau mungkin sesuatu yang lebih arsitektur. Potongan modular, longgar dirakit, seperti sekelompok pulau kecil. Sebuah kongres dari rakit sebagai auditorium. Archipelago Cinema."