Video 'Manusia Burung' Gegerkan YouTube


Video manusia burung (ist)
Jakarta - Sebuah video yang diposting di YouTube menimbulkan kehebohan. Bagaimana tidak, video tersebut memperlihatkan seorang pria bisa terbang tinggi dengan mengepakkan sayap seperti burung.

Dalam video, seorang pria bernama Jarno Smeets yang mengaku berasal dari Belanda berhasil terbang dengan bantuan sayap buatannya. Memang tampak sungguh nyata sehingga video ini langsung meraih 6 juta pemirsa dalam waktu singkat dan menarik perhatian luas dari media internasional.

Terlihat dalam video, Jarno dibantu beberapa rekannya memakai sayap buatan yang cukup besar. Kemudian dia berancang-ancang lalu berlari kencang sambil mengepakkan sayap tersebut. Ajaibnya, dia terlihat benar-benar bisa terbang.

"Saya selalu bermimpi mengenai hal ini. Delapan bulan bekerja keras, meriset dan uji coba akhirnya terbayarkan," kata Smeets. Ia mengaku mendesain sayap dengan teknologi layaknya kontroler konsol game Wii untuk mengkoordinasi kepakan.

Sejak diposting pada pertengahan Maret, cukup banyak pemirsa YouTube kagum dan percaya Smeets benar-benar bisa terbang karena videonya memang meyakinkan. Namun seperti dikutip detikINET dari MSNBC, Senin (26/3/2012), dugaan mereka itu salah.

Seorang pembuat film asal Belanda bernama Floris Kaayk mengaku sebagai Jarno Smeets. Ia menyatakan video tersebut adalah hoax alias rekayasa . "Saya sesungguhnya adalah pembuat film dan animator. Tujuan proyek video ini adalah untuk membagi impian personal dan universal mengenai terbang seperti burung," sebutnya.

Berikut video 'manusia burung' yang sempat menghebohkan itu: