Proses Metamorfosis pada Kupu-Kupu

Kupu-kupu, hewan yang satu ini bisa terbang dan memiliki warna yang indah cemerlang. Semua orang pasti senang melihat keindahan sayap-nya apalagi jika mereka berkelompok. Kupu-kupu tergolong serangga ordo Lepidoptera atau ‘serangga bersayap sisik’ (lepis, sisik dan pteron, sayap). Dia dikenal sebagai serangga penyerbuk tanaman, yang membantu bunga-bunga berkembang menjadi buah. Kenapa? karena kupu-kupu pada umumnya hidup dengan mengisap madu bunga (nektar/ sari kembang). Akan tetapi beberapa jenisnya menyukai cairan yang diisap dari buah-buahan yang jatuh di tanah dan membusuk, daging bangkai, kotoran burung, dan tanah basah.

Tahukah teman, semua jenis kupu-kupu sebelum memiliki tubuh yang indah mereka harus melalui tahap-tahap hidup sebagai telur, ulat, kepompong, dan akhirnya menjadi kupu-kupu cantik. Proses itu disebut “Metamorfosis Kupu-Kupu
Berikut selengkapnya bagaimana kupu-kupu bermetamorfosa
  1. Telur menempel pada daun inang lamanya 2-7 hari
  2. Setelah itu menjadi Ulat (larva) berumur 14-20 hari dengan berganti kulit 4-5 kali, pada umur itu mengkonsumsi daun setara luasan 20x30cm.
  3. Lalu menjadi kepompong (chrysalis/pupa) berpuasa dan beristirahat selama 14-16 hari, butuh waktu 1-2 jam untuk mengeringan sayap sebelum siang terbang untuk pertama kalinya.
  4. Kepompong akan menjadi kupu-kupu dewasa yang indah nan cantik.
Gambar Ilustrasi Metamorfosis Kupu-Kupu
http://yuksinau.com/proses-metamorfosis-pada-kupu-kupu/